Sabtu, 10 Juli 2010

Pakarena

Posted by Amanda Prastyowati at 7/10/2010 07:55:00 PM
Pakarena (Pagelaran Karya Seni Mahasiswa)

semestinya dari sebulan yang lalu saya posting entri ini, namun karena terkendala beberapa halangan iahhh jadinya baru bisa ngeposting hari ini. ap siihhh PAKARENA itu..??? penasaran bukan ??nahhh... untuk temukan jawabnnya  tentang Pakarena' bca yuukk postingan dibawah ini :


13 Juni 2010, Pagelaran Seni Karya Mahasiswa atau yang lebih familiar dengan singkatan Pakarena. diadakan di gedung baruga A.P Petarani UH, acaea ini bertemakan "Merangaki Gerak Lembut Dalam Alunan Musik yang Energik" merupakan big event sekaligus acara perdana UKM Seni dan Tari UH.

acara ini diawali dengan penampilan dari peserta yang dikenal dengan nama Anggaru' yang dilanjutkan dengan tarian paduppa yang merupakan tarian sebagai tanda penghormatan yang dilakukan masyarakat sulawesi selatan jika ada tamu yang datang. acara ini resmi dibuka oleh bpak PR 3 UH

 









<<<---------Angngaru'


tari paduppa'----->>>

















Pakarena disajikan dalm bentuk drama yang diiringi denga tarian yang berkisah mengenai sebuah daerah yang memiliki masalah dalam kehidupan yakni dalam hal hasil panen, dimana masyarakat hidup dalam kemiskinan. kisah ini dibuka dengan tarian kolosal hasil kreatifitas dari UKM Seni dan Tari, tari ini dilakukan oleh 4 orang perempuan dan 3 orang laki-laki.
tari kolosal

warga mulai berdialog mengenai masalah yang sedang menimpa mereka yang didengar oleh pengawal kerajaan, sehingga pengawal tersebut menyampaikan keluhan warga kepada raja 

<<<-------warga yang sedang berdialog

Pengawal yang mendengar keluhan warga---->>>

<<<-----Raja didampingi selir.selirnya
Tari Bugis, tari mabennih dan mapadendang, tari mandar, tari pajagga' dan tari toraja meniringi kisah pakarena selanjutnya

tari bugis merupakan tarian yang sering digunakan untuk menjamu tamu di kerajaan bugis (sebelah kiri), tari mabennih dan mappadendang (sebelah kanan), tari mandar (bawah)

 

tari mandar merupakan salah satu tarian dari provinsi sulawesi selatan yang bermula dari sebuah istana, namun tarian yang difungsikan sebagai ritual dari kerajaan akhirnya menjadi tari rakyat yang bukan hanya bertujuan memberikan rasa hormat bagi raja sebagai representasi dari dewata, melainkan, menjadi tari rakyat yang memberikan hiburan yang sehat dengan balutan musik mandar.

<<<------tari pajagga' yang merupakan hasil kreasi dari UKM Seni dan Tari
tari toraja merupakan tari yang energik yang diiringi dengan musik yang energik pula yang dapat dimainkan oleh penari perempuan bahkan laki-lakipun juga bisa. tarian ini berasal dari kebudayaan nenek moyang tanah toraja dalam menunaikan aturan keagamaan yang berwujud pada pemujaan.---------->>>
akhir dari kisah pakarena ini ditampilkan dalam balutan tarian pakarena itu sendiri. tari pakarena merupakan tarian yang memiliki budaya yang sangat tinggi dari mitos-mitos nenek moyang terdahulu yang dengan alunan gerakan tarian yang sangat pelan dan lembut yang diiringi musik yang energik, hal ini menjadikan tari pakarena sebagai aset yang dapat dibanggakan untuk provinsi sulsel.


persembahan tari pakarena mengakhiri rangkaian alur cerita dari kisah pakarena itu sendiri. selain itu tujuan yang ingin dicapai yakni pengukuhan anggota baru UKM Seni dan Tari sebagai angkatan pertama yang dilakukan dengan adat mappasili' dan tak lupa memanjatkan doa untuk sang maestro tari pakarena yakni Mak Coppong
setelah proses pengukuhan, acara dilanjutkan dengan relaunching UKM Seni dan Tari sebagai ajang promosi mengenai bidang yang digeluti UKM Seni dan Tari yang dimulai persembahan dari tari toraja yang dilakukan oleh laki-laki, tari kreasi, free style danca dan ditutup dengan tari massal yang dipersembahkan dari seluruh anggota UKM Seni dan Tari.

<<<-------------tari toraja cow'
tari kreasi yang diiringi dnegan lagu piala dunia------>>>
free style dance

beberapa photo penari sesuai dengan tariannya :

tari pakarena


tari toraja cow'

tari toraja cew'

 
tari bugis


tari mandar


tari paduppa


tari kolosal

balik layar

anggota UKM Seni dan Tari :





acara pakarena ini pantas untuk diacungi jempol,, karena mampu terbilang sukses dan menghibur penonton. dalam proses pelaksanaan acara ini banyak suka dan duka mulai dari pertengakran mendekati hari H, ketidakcocokan pendapat, pengurus yang sering marah-marah, penari yang selalu datang telat, belum lagi beberapa anggota kelompok nari yang tidak datang. namun itu semua terbayar lunas dengan suksesnya acara pakarena ini. dari acara ini pula keakraban dan kepedulain antar anggota semakin erat dan mudah-mudahan akan bertahan lama.
Wanna say thakyou very much for ALLAH SWT karena atas izinnyalah acara ini dapat sukses, disamping usaha-usaha yang dilakukan serta terkurasnya waktu istirahat. untuk orangtua saya yang mendukung dan terkadang memarahi karena terlambat pulang, terima kasih pengertiannya selama ini. teman-teman dan sahabt saya terima kasih untuk dukungan, support, dan terimaksih udah ttdkan kalo saya tidak masuk kuliah...Luph.u.aLL
untuk teman-teman UST,,terimaksih kerjasamanya, waktunya,tenaganya, ide dan kretifitasnya sehingga acara kita ini sukses. hati ini senang mengenal kalian, rinduu candaan kalian, marah-marahnya pengurus. halini dunia baru untuk sya..
.MandHasaiankkalian.

nb: makasi juga yang sudah datang pas acaranya, yang baca postingan ini juga makasi..ditunggu komment.y...^^





0 comments:

 

Duniaku Bercerita Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review